Senin, 16 November 2009

Tips menulis dan mengirim surat lamaran kerja via email

Untuk para pencari kerja mungkin ini sedikit membantu mengirimkan lamaran dengan tepat.kalau anda mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan dengan mudah anda dapat mengkopi email lamaranya tinggal anda menyesuaikanya silahkan anda ikuti tips berikut ini.

1. Judul email

Tulis judul yang jelas tetapi singkat karena menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email anda
Contoh "Lamaran untuk posisi manajer produksi"
Dengan catatan baca iklan lowongan kerja tersebut dengan teliti,karena mereka sering meminta anda menuliskan kode tertentu di judul email.

2. Di mana surat lamaran ditulis

Sesuai ketentuan umum berbagai perusahaan yang bergerak di bidang recruiting baik perusahaan nasional maupun multinasional.Bahwa surat lamaran (cover letter) dapat langsung ditulis pada badan email(di dalam email).

3. Bagaimana dengan resume

Jangan menulis resume anda di badan email.tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran (attach) email anda.

4. Jenis file attach yang dikirim
Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya jenis file yang boleh anda kirim.walaupun umumnya meminta file MS Word,terkadang mereka mengijinkan anda untuk mengirimkan file berformat pdf atau xls atau txt.jika tidak disebutkan kirimkan resume anda dalam file MS Word (.doc).
5. Ukuran (size) email
Usahakan ukuran email anda termasuk lampiran (attach) tidak melebihi 300kb.ukuran email ini terutama di pengaruhi oleh ukuran file yang di-attach(dilampirkan).jika anda diminta menyertakan foto,jangan masukan file foto yang size-nya terlalu besar.perkecil size-nya dengan menggunakan berbagai jenis program atau aplikasi photo editor,biasanya menjadi 30 kb dengan format jpg atau gif.

6. Dijadikan satu dalam bentuk zip
Bentuk file zip adalah bentuk file yang dimampatkan(dipadatkan) dan saat ini sudah umum dilakukan.bahkan banyak perusahaan yang meminta agar file-file yang di lampirkan (di-attach) di jadikan satu dalam sebuah file zip.ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dari pelamar.

7. File attac yang terlalu besar akan diabaikan
Dapat anda bayangkan sendiri,bila anda menerima kiriman file di email yang size-nya besar,misalkan sampai lebih dari 1MB.tentunya anda malas membukanya(men-download-nya).demikian juga dengan perusahaan menerima email lamaran kerja anda.dengan kata lain anda telah gagal hanya dimasalah pengiriman email saja.
8. Lakukan uji coba pengiriman email
Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email.selain melakukan proof read,anda juga perlu melakukan uji coba pengiriman.coba kirimkan email lamaran lengkap dengan attachment-nya ke alamat email anda yang lainya,tentu jangan mengirimkan percobaan tersebut ke email perusahaan yang anda tuju.
Uji coba pengiriman SANGAT DI PERLUKAN.karena sering kali format email yang anda kirim berubah setelah sampai di alamat email lain,misal pengiriman email dari yahoo ke gmail,atau sebaliknya.selain itu anda bisa melakukan perbaikan bila di perlukan.
Jika anda hanya mempunyai satu alamat email,anda bisa membuat alamat email baru di yahoo,gmail atau yang lainya.
Buat yang belum punya email bisa membuatnya di sini

Di kutip dari buku PSIKOTES untuk CALON KARYAWAN by aris widyanto
Penerbit PUSAKA WIDYATAMA

15 komentar:

  1. Gimana bisa cuma 300 KB termasuk ijazah dan transkrip nilai yang lebih dari 1 lembar, dikecilin, gitu? Apa ga usah pake ijazah dan transkrip nilai?

    BalasHapus
  2. Anonim terima kasih atas komentarnya
    Untuk mngirim surat lamaran kerja lewat email kita tidak perlu melampirkan ijazah dan transkrip nilai kecuali ada persyaratan khusus dr perusahaan yang kita ajukan permohonan.
    Dan pada umumnya berkas/file lamarannya kita bawa saat ada panggilan test.

    BalasHapus
  3. bang boleh tanya?ini blognya pake tmpelate yg nama ap ya bang.law bs bls ke kotak masuk fb z ya bang.tank's

    BalasHapus
  4. Saya mau nanya,,,cara memasukkan transkrip nilai n ijazah tu kaya apa??
    apa kita tulis sendiri nilai kita ato ada cara lain??

    BalasHapus
  5. guest mengatakan...

    Saya mau nanya,,,cara memasukkan transkrip nilai n ijazah tu kaya apa??
    apa kita tulis sendiri nilai kita ato ada cara lain??
    31 Juli 2010 05.23 di scan aja transkrip sama ijazahnya trus simpan terserah dimana nyimpanya lalu lampirkan ke email yang akan kita kirim

    BalasHapus
  6. hello.....
    bermanfaat banget nech ulasannya...makasih y....

    BalasHapus
  7. lam knal smuanya....

    http://mbahronsen.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Jadi smuanya di scan dan terus di mampatkan pakai zip,,,, eah saya mengerti

    BalasHapus
  9. harus di compress ya? Tapi jika ada perusahaan yang tidak memiliki program WinZip bagaiman bisa dibuka?

    BalasHapus
  10. Yap... betul banget bang.... untuk tips dan trik serta info seputar lowongan kerja silahkan saja kunjungi blog Siloker.... salam sukses...

    BalasHapus
  11. kalo ngelamar via email berkas2 yang lain, misalnya foto kopy ktp, ijazah dan sertifikat2 yang lain gimana? apa di scan ijazah aslinya? ukurannya gede dong mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gmna mas,,, gede donk ukurannya,,, SKCK apa lagi

      Hapus
    2. ukuran size tiap file bisa dikecilkan di photoshop atau photo editor

      Hapus
  12. Mf mas tolong dong minta contoh lampirannya..
    Ricky_ahba@yahoo.com

    Tolong nya Trimasih

    BalasHapus

Silahkan tggalkan komentar,kritik,saran,atau hanya sekedar mampir.